SELAMAT DATANG DI BLOG - ORARI LOKAL TEGAL - JANGAN LUPA BERIKAN KOMENTAR ANDA SEBELUM ANDA MENINGGALKAN BLOG INI

SUSUNAN DPP

Ketua : Supardi NP/YD2NOJ

Sekretaris : Abdulah Sungkar NP/YC2RSS

Wakil/anggota : Bozy CP NP/YC2FHY

Anggota : Endro Wasono B NP/YB2EM

Anggota : Hadi Sucipto NP/YC2BDO



SUSUNAN PENGURUS

Ketua : Richard Sugiarto NP YC2RVW

Wakil : H. Abdul Kadir Saleh NP YC2CYY


Sekret 1 : Herry Susanto NP YD2CYQ

Sekret 2 : Eko Bagus S NP YD2DOJ

Bendahara 1 : H.Dulhadi,SE NP YC2DWS

Bendahara 2 : Syafe'i Tr NP YC2PII

Ketua Bidang -

Ops & Tekhnik : M.Jalaludin NP YF2AWW

Ketua Bidang-

Organisasi : Drs.Bambang Pri NP YC2RVX

KODE ETIK AMATIR RADIO

AMATIR RADIO BERJIWA PERWIRA
---------------------------------------------------------------
Secara sadar ia tidak menggunakan udara untuk kesenangan pribadi,sedemikian rupa sehingga mengurangi kesenangan orang lain.

AMATIR RADIO ADALAH SETIA
---------------------------------------------------------------
Ia mendapat izin dari Pemerintah karena organisasinya dan ia akan setia dan patuh kepada negara dan organisasinya.

AMATIR RADIO ADALAH PROGRESIF
---------------------------------------------------------------
Amatir radio selalu menyesuaikan stasiun radionya setingkat dengan ilmu pengetahuan.Ia membuatnya dengan baik dan efisien,ia mempergunakan dan melayaninya dengan cara bersih dan teratur.

AMATIR RADIO ADALAH SEORANG RAMAH TAMAH
---------------------------------------------------------------
Jika di minta,ia akan mengirim beritanya dengan perlahan dan sabar,kepada yang belum berpengalaman ia memberi nasehat,pertimbangan dan bantuan secara ramah tamah,inilah ciri-ciri khas amatir radio.

AMATIR RADIO BERJIWA SEIMBANG
---------------------------------------------------------------
Radio merupakan hobbynya,ia tidak akan memperkenankan hobbynya mempengaruhi kewajibannya terhadap rumah tangga,pekerja'an,sekolah atau masyarakat sekitarnya.

AMATIR RADIO ADALAH SEORANG PATRIOT
---------------------------------------------------------------
Ia selalu siap sedia dengan pengetahuan dan stasiun radionya untuk mengabdi negara dan masyarakat.

KODE Q

Code Q :

Abbreviation    Question    Answer or Advice
Singkatan    Pertanyaan    Jawaban Untuk Petunjuk
QRA    What is the name of your station?    The name of my station is …..
Apakah nama stasiun anda?    Nama stasiun saya ……
QRB    How far approximately are you from my    The approximate distance of our station is ….
station?    Nautical miles (or kilometer).
Kira-kira berapa jauh jarak anda dari    Jarak antara stasiun kita kira-kira …. Mil laut
stasiun saya?    (kilometer)
QRD    Where are you  bound for and where are    I am bound for …..
you from?    From …
Ke mana anda pergi dan dari mana asal    Saya pergi ke …. Dari …..
anda?
QRG    Will you tell me exact my exact frequency    Your exact frequency (or that of ….) is…. Kc/s
(or that of ….)”    (or Mc/ s).
Berapakah sebenarnya frekuensi saya?    Frekuensi anda sebenarnya …. Kc (Mc).

QRH    Does my frequency vary?    Your frequency varies.
Apakah frekuensi saya berubah?    Frekuensi anda berubah.
QRI    How is the tone of my transmission?    The tone of your transmission is …. (1. Good, 2.


Sources : Paket Latih Diri ORARI Pusat
PETUNJUK TATA CARA BERKOMUNIASI AMATIR RADIO
    Edited by : Team NCB 2005
Pg16Pg16






Bagaimana nada transmissi saya?


QRK    What is the readability of my signal (or
those of …..)?


Bagaimana sinyal saya bisa anda tangkap?

QRL    Are you busy?
Sibukkah anda?

QRM    Are you being interfered with?
Apakah anda terganggu
QRN    Are you troubled by static?
Anda terganggu oleh static?
QRO    Shall I increase power?
Haruskah saya menaikkan power?
QRP    Shall I decrease power?
Haruskah saya menurunkan power?
QRQ    Shall I send faster?
Haruskah saya mengirim lebih cepat?
QRR    Are you ready for automatic operation?
Siapkah anda menerima dengan alat otomatis?

QRS    Shall I send more slowly?
Haruskah saya mengirim lebih pelan
QRT    Shall I stop sending?
Haruskah saya menghentikan pengiriman (berita)?

QRU    Have you anything for me?
Adakah sesuatu untuk saya?
QRV    Are you ready?
Siapkah anda?
QRW    Shall I inform …. That you are calling him






Variable, 3. Bad).
Nada transmisi anda (1. baik, 2. Berubah-ubah,
3. Buruk)

The readability of your signal (or those of ….)
is…. (1. unreadable, 2. Readable now and then,
3. Readable, but with difficulty; 4. Readable, 5. Perfectly readable).
(1. Penangkapan sinyal anda adalah. …Tak tertangkap, 2. Hilang- hilang timbul, 3.
Tertangkap, tapi agak sulit, 4. Tertangkap, 5. Tertangkap dengan sempurna)

I am busy (I am busy with ….) Please do not interfere.
Saya sibuk (saya sibuk dengan ….). jangan ganggu saya.
I am being interfered with.
Saya terganggu
I am troubled by static
Saya terganggu oleh static.
Increase power.
Naikkanlah power.
Decrease power
Turunkanlah power
Send faster (…. Words per minute).
Kirimkanlah lebih cepat (…..kata per menit).
I am ready for, automatic operation. Send at (…. Words per minute)
Saya siap menerima dengan otomatis. Kirimkanlah …. Per menit.
Send more slowly (….words per minute).
Kirimkanlah lebih pelan (….kata per menit)
Stop sending.
Hentikan pengiriman (berita)

I have nothing for you
Tidak apa-apa lagi.
I am ready
Saya siap
Please inform…. That I am calling him on …. Kc/

Sources : Paket Latih Diri ORARI Pusat
PETUNJUK TATA CARA BERKOMUNIASI AMATIR RADIO
    Edited by : Team NCB 2005
Pg17Pg17






on …. Kc/ s (Mc/s)?
Haruskah saya memberitahukan ….
Bahwa anda memanggilnya pada…. Kc
(Mc)?
QRX    When will you call me again?
Bisakah anda memanggil saya lagi?

QRY    When is my turn?
Bilakah giliran saya?

QRZ    Who is calling me?
Siapakah memanggil saya?
QSA    What is the strength of my signal (or those
of ….)?

Berapakah kekuatan sinyal saya?

QSB    Are my signal fading?
Apakah sinyal saya menghilang?
QSD    Is my keying defective?
Apakah nada morse saya rusak?

QSG    Shall I send …. telegrams at time?
Haruskah saya mengirimkan telegram kepada …. sekaligus?
QSJ    What is the charge to be collected per
word to…. Including your internal telegraph charge?
Berapa biaya per kata ke ….. menurut tariff telegraf anda?
QSK    Can you hear me between your signal?
Dapatkah anda mendengar saya di antara sinyal anda?


QSL    Can you acknowledge receipt?
Dapatkah anda memberitahukan tanda terima?
QSM    Shall I repeat the last telegram which I






s (Mc/ s).
Beritahukanlah …. Bahwa saya memanggilnya pada …. Kc/ (Mc).


I will call you  again at …. Hours (o….kc/ s or
Mc/ s)
Saya akan memanggil anda lagi pada jam …. (pada frekuensi …. Kc/ Mc).

Your turn is Number …. (relates to communication).
Giliran anda nomor …. (sehubungan dengan komunikasi).

You are being called by …. (on …. Kc/s or Mc/
s).
Anda dipanggil oleh …. (pada …. Kc/ Mc).
The strength of your signal (or those of ….) is ….
(1. Scarcely perceptible, 2. Weak, 3. Fairly good,
4. Good, 5. Very good)
Kekuatan sinyal anda ….. (1. Hampir tak dapat
diterima, 2. Lemah, 3. Sedang, 4. Baik, 5. Baik
sekali)
Your signals are fading.
Sinyal anda menghilang.
Your keying is defective.
Nada morse anda rusak.

Send …. Telegrams at a time.
Kirimkanlah telegram, kepada …. sekaligus.
The charge to be collected per word to …
including my internal telegraph charge is…..
Biaya per kata ke …. Menurut tariff telegraf kami adalah…..

I can hear you between my signals.
Saya dapat mendengar anda di antara sinyal
saya.

I am acknowledging receipt.
Saya segera memberitahukan tanda terima.
Repeat the last telegram which you sent me

Sources : Paket Latih Diri ORARI Pusat
PETUNJUK TATA CARA BERKOMUNIASI AMATIR RADIO
    Edited by : Team NCB 2005
Pg18Pg18






sent you, or some previous telegram?
Haruskah saya mengulang telegram terakhir yang saya kirim atau telegram baru- baru ini?
QSN    Did you hear me (….call sign) on
….kc/Mc/s.
Apakah anda mendengar saya (atau nama panggilan) pada … kc/ Mc.
QSO    Can you communicate with … direct or by
relay?
Dapat anda berhubungan dengan ….
Secara langsung atau dengan relay?

QSP    Will you relay to …. (free of charge?)
Bersediakah anda merelai ke ….. dengan Cuma-Cuma?

QSO    Have you a doctor on board (Is ….. on
board)?
Adakah dokter di kapal anda (…. Ada di kapal anda?)
QSU    Shall I send or reply on this frequency
(on….kc/Mc (with emission of class….)?
Haruskah saya mengirim  atau menjawab pada frekuensi ini (….kc/ MC/ (dengan kelas emisi…..)

QSV    Shall I send a series of V’s on this
frequency (……kc/ Mc/s)?
Haruskah saya mengirim serangkaian “V” di frekuensi ini (….. kc/ Mc)?
QSW    Will you send on this frequency (on…. Kc/
Mc/ S) with emission of class….)?
Apakah anda akan mengirim pada
frekuensi (….kc/ Mc) (dengan kelas
emisi….)
QSX    Will you listen to (call sign) on …. Kc/ Mc?
Apakah anda akan mendengarkan …. (call sign) pada …. Kc/ Mc?
QSY    Shall I change to transmission on another
frequency?
Haruskah saya mengubah transmisi pada frekuensi lain?
QSZ    Shall I send each word or group more






(telegrams numbers …..)

Ulangilah telegram terakhir yang anda kirim (nomor…..)
I did hear you (…. call  sign) on …. Kc/ Mc/ s.
Saya benar-benar mendengar anda (call sign anda) pada …. Kc/ Mc.


I can communicate with ….. direct (by relay through….)
Saya dapat berhubungan dengan, secara langsung atau relay melalui…..

I will relay to ….. free of charge.

Saya bersedia merelai kepada …. Dengan Cuma-Cuma.
I have a doctor on board (….is on board).
Ada dokter di kapal saya (….. ada di kapal
saya).
Send or reply on this frequency (on ….. kc/ Mc/
s) (with emission class….)
Kirimkanlah atau jawablah pada frekuensi ini (……kc/ Mc) (dengan kelas emisi …..)

Send a series of V’s on this frequency (…..kc/
Mc).
Kirimkanlah serangkai tanda V pada frekuensi (…… kc/ Mc).
I am going to send on this frequency (on …. Kc/ Ms/ s) (With emission of class….)
Saya akan mengirim pada frekuensi ini (….kc/ Mc) (dengan kelas emisi …..).

I am listening to …. (call sign) on …. Kc/ Mc/ s.
Saya akan mendengarkan …. (call sign) pada …..kc/ Mc.
Change to transmission on another frequency.
Ubahlah transmissi pada frekuensi lain.


Send each word or group twice (…..times).

Sources : Paket Latih Diri ORARI Pusat
PETUNJUK TATA CARA BERKOMUNIASI AMATIR RADIO
    Edited by : Team NCB 2005
Pg19Pg19






than once?
Haruskah saya mengirim tiap kata atau kelompok lebih dari sekali?
QTA    Shall I cancel telegram number …. As if it
had not been sent?
Haruskah saya menunda telegram nomor …. Seolah-olah belum terkirim?
QTB    Do you agree with my counting of words?

Setujukah anda dengan penghitungan kata-kata saya?


QTC    How many telegrams have you to send?
Berapa banyak telegram yang anda harus
kirim?

QTE    What is my TRUE bearing from you?
Berapa derajatkah arah saya yang benar dari anda?

What is my TRUE bearing from …. (call
sign)?
Berapa derajat arah saya yang benar dari …. (call sign)?

What is the TRUE bearing of …. (call sign) from ….(call sign)?

Berapa  derajatkah arah yang  benar …. (call sign) dari …. (call sign).
QTG    Will you send two dashes of ten seconds
each followed by your call sign (repeated …. Times) on …. Kc/ Mc/ s?
Bersediakah anda mengirimkan dua tanda garis selama sepuluh detik masing-
masing diikuti oleh call sign anda (diulang …. Kali) pada …. Kc/ Mc.
Atau
Will you request …. To send two dashed
of ten seconds followed by his call sign
(repeated …. Times) on …. Kc/ Mc/s?
Bersediakah anda meminta …. Mengirim
dua tanda garis sepuluh detik diikuti oleh
call signnya (diulang …..kali) pada ….. kc/
Mc?






Kirimkanlah tiap kata atau kelompok dua kali (….kali).
Cancel telegram number as if it had not been
sent.
Tundalah telegram nomor …. Seolah-olah belum terkirim.

I do not agree with your counting of words; I will repeat the first letter or digit of each word or
group.
Saya tidak setuju dengan penghitungan kata-
kata anda; Saya akan mengulangi huruf pertama atau digit tiap kata atau kelompok.

I have …. Telegram for your (for ….)
Saya mempunyai … telegram untuk anda (untuk….)
Your TRUE bearing from me is ….
Arah anda yang benar dari saya …. Derajat (pada jam …..)
Or
Your TRUE bearing from …. (call sign) was …. Degrees (at….hours).
Arah anda yang benar dari ….. (call sign) adalah …. Derajat (pada jam….)
Or
The TRUE bearing of ….(call sign) from …. (call sign) was …. Degrees (at …. Hours).
Arah yang benar … (call sign) dari (call sign) adalah …. Derajat pada jam ….

I am going to send two dashes of ten seconds each followed by my call sign (repeated …. Times) on …. Kc/ Mc/ s.

Saya segera mengirim dua tanda dua garis
selama sepuluh detik masing-masing diikuti oleh
call sign saya (diulang ….. kali) pada ….. Kc/ Mc.



I have requested ….. to send two dashes of ten seconds followed by his call sign (repeated …. Times) on …. Kc/ Mc/ s.

Saya telah meminta …. Untuk mengirim dua tanda garis sepuluh detik diikuti oleh call sign-
nya (diulang …. Kali) pada ….kc/ Mc.

Sources : Paket Latih Diri ORARI Pusat
PETUNJUK TATA CARA BERKOMUNIASI AMATIR RADIO
    Edited by : Team NCB 2005
Pg20Pg20






QTH    What is your position in latitude and
longitude (according to any) other indication)?
Pada lintang dan bujur berapakah posisi anda (sesuai dengan indikasi lain)?
QTI    What is your TRUE track?
QTJ    What is your speed?
Berapakah kecepatan anda?
QTL    What is your TRUE heading?
Manakah arah anda yang benar?
QTN    At what time did you depart from .(place)?
Jam berapa anda berangkat dari ….?
QTO    Have you left dock (port)?
Sudahkah anda meninggalkan pelabuhan?
Are your airborne?
Anda sudah mengudara?
QTP    Are you going to enter dock (port)?
Apakah anda sedang memasuki pelabuhan?
Are you going to alight (land)?
Apakah anda sedang mendarat?
QTO    Can you communicate with my station by
means of the International Code of Signals?
Dapatkah anda berkomunikasi dengan stasiun saya dengan Kode Sinyal
Internasional?
QTR    What is the correct time?
Jam berapa sebenarnya sekarang?
QTS    Will you send your call sign for ….
Minute(s) now (at….hours) (on ….
Kc/Mc/s) so that your frequency may be measured?
Dapatkah anda mengirimkan call sign selama …. Menit sekarang, (pada jam ….) (pada frekuensi ….kc/ Mc), sehingga frekuensi anda bisa diukur?
QTU    What are the hours during which your
station is open?
Pada jam- jam berapa stasiun anda terbuka?






My position is ….. latitude …. Longitude (according  to any other indication).
Posisi saya …. Lintang ….. bujur (sesuai dengan indikasi lain).
My TRUE track is …. Degrees.
My speed is …. Knots (kilometer per hour).
Kecepatan saya …. Knot (kilometer per jam).
My TRUE heading is ….. degrees.
Arah yang benar …. Derajat.
I departed from …. (place) at ….. hours.
Saya berangkat dari ….. pada jam ….
I have left dock (port)
Saya telah meninggalkan pelabuhan.
I am airborne.
Saya sudah mengudara.
I am going to enter dock (port).
Saya sedang memasuki pelabuhan. Or/ atau
I am going to alight (land).
Saya sedang mendarat.
I am going to communicate with your station by means of the International Code of signals.
Saya segera berkomunikasi dengan stasiun anda dengan kode Sinyal Internasional?


The correct time is …. Hours.
Sebenarnya sekarang jam …..

I will send my call sign for ….. minute (s) now (at…… hours) (on kc/ Mc/ s) so that my
frequency may be measures.

Saya akan mengirim call sign saya selama ….. menit sekarang (pada jam …. (pada frekuensi saya bisa diukur).

My station is open from ….. to …. Hours.
Stasiun saya terbuka dari jam …. Sampai jam
…..

Sources : Paket Latih Diri ORARI Pusat
PETUNJUK TATA CARA BERKOMUNIASI AMATIR RADIO
    Edited by : Team NCB 2005
Pg21Pg21






QTV    Shall I stand guard for you on frequency
of ….. kc/Mc/s (from….to….hours)?
Haruskah saya berjaga-jaga untuk apada
frekuensi …. Kc/ Mc (dari jam …. Sampai
….)?
QTX    Will you keep your station open for further
communication with me until further notice (until …. Hours)?
Bersediakah anda membuka terus stasiun
anda untuk komunikasi berikutnya sampai
pemberitahuan lebih lanjut (sampai jam
…..)?






Stand guard for me on frequency of …. Kc/Mc/s (from ….to….hours).
Berjaga-jagalah untuk saya di frekuensi ….. kc/ Mc. (dari jam …. Sampai …..)
I will keep my station open for further
communication with you until further notice (until …. Hours).

Saya akan membuka stasiun saya untuk komunikasi berikutnya dengan anad sampai ada pemberitahuan lebih lanjut (sampai …..).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda mau bertanya tentang ORARI,Elektronik ? Silahkan isi Komentar